Monday, January 14, 2013

Kepulauan Banda

                     Jika ada orang yang bertanya apa itu Banda Neira? .,, yang pasti jawabannya bukan makanan ringan ataupun salah satu merk kompor gas. Banda Neira adalah salah satu pulau di Kepulauan Banda yang juga merupakan pusat administratif Kecamatan Banda. Kecamatan Banda ini merupakan daerah kepulauan yang terdiri atas sepuluh pulau vulkanis yang tersebar di Laut Banda, ±140 km sebelah selatan Pulau Seram dan 2.000 km sebelah timur Pulau Jawa.Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku, Negara Indonesia. Jika masih kurang jelas biar saya tambahkan bahwa Kepulauan Banda ini merupakan sebuah Kecamatan yang terletak di Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku, Negara Indonesia, Benua Asia, Planet Bumi, Galaksi Bima Sakti. Kalau sampai di sini masih kurang jelas maka saya sarankan lebih baik anda memperdalam Ilmu Geografi.

Banda Neira
photo's by: Lukman Ang
                       Jika anda adalah orang yang ingin mencari tempat untuk berlibur, Kepulauan Banda ini bisa jadi salah satu tujuan yang menurut saya tidak akan mengecewakan. Ini bukan hanya karena Banda merupakan tanah kelahiran saya, namun begitu banyak keindahan yang ditawarkan di sana. Anda bisa bertanya kepada teman-teman anda atau siapapun yang pernah berkunjung ke sana, tapi jika anda tidak punya teman maka lebih baik jangan tanya, langsung saja bunuh diri supaya anda tidak penasaran (don’t try this at home).                       
Menikmati keindahan pegunungan mungkin sudah biasa, menikmati keindahan pantai juga mungkin sudah biasa. Namun, bagaimana jika anda menikmati keindahan pegunungan sekaligus keindahan pantai..??, Belum lagi wisata sejarah tersedia pada tiap-tiap jejak peninggalan sejarah sejak sebelum zaman penjajahan Belanda. Banyak bangunan-bangunan tua yang sampai saat ini masih dapat ditemui di Kepulauan Banda ini. Mulai dari benteng peninggalan, Belanda, benteng peninggalan Portugis, Rumah pengasingan Bung Hatta dan beberapa tokoh perjuangan lainnya, serta masih banyak bangunan-bangunan bersejarah lainnya. Jika ingin tahu secara lebih jelas mungkin bisa anda baca penjelasan tentang Kepulauan Banda di beberapa website ini:
http://www.dive-the-world.com/diving-sites-indonesia-banda-islands.php
http://www.goblue.or.id/kategori/tempat-dive-favorit/bandaneira
http://www.east-indonesia.info/regions/maluku-travel-information-banda-islands.html
http://www.indonesia.travel/id/destination/403/pulau-banda
http://www.telegraph.co.uk/travel/celebritytravel/5923961/Tim-Severins-heaven-on-earth-the-Banda-Islands.html
http://wisata.kompasiana.com/jalan-jalan/2012/06/09/eksotisnya-ragam-wisata-kepulauan-banda-468442.html
http://www.britannica.com/EBchecked/topic/51452/Banda-Islands
http://siswa.univpancasila.ac.id/ratie/pulau-banda-neira-yang-eksotis/
http://e-kuta.com/blog/tempat-wisata/berwisata-dan-menyelam-di-pulau-banda-maluku.htm

1 comment: