Monday, January 14, 2013

5 Langkah Memproteksi Komputer Anda dari Virus Tanpa Menggunakan Program Antivirus dan Firewall

          Jika anda masih berpikir bahwa menggunakan software antivirus adalah satu-satunya cara untuk mencegah virus, trojan, worm, dan sejenisnya, maka di sini saya akan mencoba menyampaikan beberapa trik untuk memproteksi komputer anda dari ancaman virus dan sejenisnya tanpa menggunakan software antivirus. Berikut ini adalah langkah-langkah awal untuk mencegah agar komputer anda tidak terserang virus:


  • Cobalah untuk mengontrol program apa saja yang sedang aktif pada saat anda ingin melakukan koneksi internet karena ada beberapa program yang perlu untuk dimatikan/ dinon-aktifkan. Program-program tersebut adalah java, java script, dan on demand install atau auto install. Hal ini dimaksudkan agar program yang kemungkinan berisi virus tidak langsung masuk secara otomatis ke komputer anda.
  • Kebiasaan anda mungkin salah satunya harus dihilangkan. Jika biasanya anda langsung membuka dan membaca file yang dikirim melalui e-mail meskipun tidak tahu dengan jelas siapa pengirimnya, maka cobalah untuk lebih berhati-hati dan memilah mana file-file yang aman untuk dibuka jika file tersebut diterima melalui e-mail ataupun yang sejenisnya seperti mIRC ataupun messenger.
  • Untuk mengontrol masuknya virus via non-online maka anda harus benar-benar memastikan bahwa flashdisc, hardisc, atau yang sejenisnya bersih dari virus jika ingin dikoneksikan dengan komputer anda.
  • Yang satu ini merupakan old style yang disebut dengan backup, baik system backup ataupun data backup, meskipun jadul namun saya suka menggunakannya. Cara untuk mem-backup system pada komputer anda adalah sebagai berikut: 
Klik “start=> all programs=> accessories=> system tools=> system restore”
Sementara untuk mem-backup data anda juga harus menggunakan microsoft backup. Hal ini dikarenakan system restore tidak 100% mengembalikan data anda. Jika langkah ini masih ribet untuk diterapkan, maka anda dapat menggunakan system schedule windows atau program-program lainnya dengan fungsi yang sama yaitu sebagai backup otomatis, tentunya ketika komputer sedang idle.Cara menggunakannya adalah apabila komputer anda terserang virus, maka anda hanya perlu melakukan restore system agar komputer anda kembali seperti semula sebelum terserang virus sesuai dengan settingan system restore anda sebelumnya.
  • Biasanya, virus yang menyerang file system secara umum berakhiran exe. Jika anda mendapati virus yang memiliki akhiran “exe” seperti ini maka ada dua cara yang dapat digunakan. Yang pertama anda tinggal mengubah attribut dari file “exe” tersebut menjadi “read only” dengan menggunakan search pada windows dan yang kedua yaitu dengan menggunakan “Command Prompt (DOS)”. 
Cara yang pertama adalah sebagai berikut:Lakukan “search” pada folder windows kemudian ketik “*.exe” untuk mencari semua program yang ber-ekstensi “exe”. Setelah file-file tersebut ditemukan maka sorot semua file tersebut atau tekan “[Ctrl]+[A]” kemudian klik kanan dan pilih “Properties”. Setelah muncul kotak dialog properties, anda tinggal mencentang kotak di depan tulisan “read only”.
Sedangkan untuk cara yang kedua yaitu:
Klik “Start=> All Programs=> Accessories=> Command Prompt”
Setelah langkah tersebut dilakukan maka anda dapat menggunakan perintah ATTRIB dengan fungsi yang sama seperti cara yang sebelumnya. Contoh: “C:\windows.attrib+r*.exe”

Ini hanyalah cara yang yang umum. Anda dapat menggunakan rumus yang sama untuk file dengan ekstensi yang berbeda. Semoga artikel ini bermanfaat....,, ^_^

No comments:

Post a Comment