Monday, January 14, 2013

Tips Menjaga Kenyamanan Saat Bekerja Menggunakan Laptop/ Notebook

      Mungkin kebanyakan orang berpikir bahwa posisi ataupun kenyamanan merupakan hal yang sepele dan tidak terlalu penting jika bekerja menggunakan laptop/notebook. Namun, ini akan menjadi hal yang penting ketika anda bekerja dalam waktu yang lebih dari 30 menit lebih atau dalam jangka waktu yang cukup lama. 



Berikut adalah tips untuk menjaga kenyamanan anda ketika bekerja menggunakan laptop/notebook:
  1. Tempatkan laptop/notebook anda pada tempat yang datar yang cukup luas untuk laptop/notebook itu sendiri dan alat pelengkap lainnya.
  2. Letakkan laptop/notebook lurus di depan anda dengan jarak dan ketinggian yang sesuai dengan postur anda. Jika anda menggunakan monitor eksternal maka usahakan agar ketinggian posisi paling atas monitor sejajar dengan mata anda.
  3. Posisikan tampilan layar LCD atau monitor eksternal (jika menggunakan monitor eksternal) dimana cahaya terang tidak mempengaruhi tampilan layar.
  4. Anda dapat mengatur brightness untuk menyesuaikan cahaya dari LCD atau monitor dengan cahaya di sekitar.
  5. Hindari penempatan laptop/notebook dari tempat dengan cahaya terang yang langsung menuju mata.
  6. Sesuaikan posisi kursi anda  hingga terasa senyaman mungkin. Akan lebih baik jika anda menggunakan kursi yang memiliki sandaran.
  7. Hindari pergerakan yang berlebihan seperti membengkokkan, melengkungkan, atau memutar pergelangan tangan dan tetaplah pada posisi santai saat mengetik.
  8. Ubahlah sikap badan anda secara teratur.
  9. Regangkan dan gerakkan badan anda beberapa saat.
  10. Istirahatlah ketika anda bekerja untuk waktu yang lama. Akan lebih baik anda istirahat sebentar tapi sering daripada istirahat dengan waktu yang lama tapi jarang.
  11. Hindari kegiatan yang berlangsung lama dengan menyelingi dengan pekerjaan yang lain.
  12. Ubahlah posisi anda sesering mungkin untuk meregangkan otot-otot dan mengistirahatkan mata.
  13. Palingkan pandangan anda sesering mungkin dari notebook dan fokuskan mata anda dalam jarak yang cukup jauh untuk menghindari kelelahann mata



Itu mungkin beberapa tips yang bisa anda terapkan ketika anda bekerja menggunakan laptop/notebook. Semoga bermanfaat.....,, ^_^

No comments:

Post a Comment